Kamis, 23 April 2015

Overclocking



Overclocking adalah suatu tindakan/proses untuk meningkatkan sebuah komponen clock rate, menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Overclocking biasa dilakukan untuk CPU ataupun GPU (VGA), tetapi komponen lain dapat di overclock. Meningkatkan sebuah clock rate dari komponen akan membuat prosesnya berjalan lebih cepat dari biasanya, tetapi akan menghasilkan suhu panas yang tinggi dari komponen tersebut. Overclocking dapat membuat Komputer Berjalan lebih cepat dari biasanya namun memerlukan pendingin yang lebih baik dari sebelumnya dan perawatan yang lebih banyak.
Bagaimana Cara Melakukan Overclocking?
Setiap Komputer Memiliki Cara-cara yang berbeda pada setiap Motherboard dan juga memiliki Setting BIOS yang berbeda. Sangat tidak mungkin untuk membuat Bimbingan untuk melakukan Overclocking untuk semua orang.
Dalam Melakukan Overclocking, Overclocker diwajibkan memiliki System Pendingin, Komputer yang dijual memiliki Pendingin dan Fan (kipas) dari Pabriknya, dengan desain standar untuk menghentikan Panas yang dihasilkan oleh Komponen dalam keadaan normal, tetapi jika suatu komponen di Overclock maka akan membuat panas dari suatu komponen tersebut meningkat, maka dari hal tersebut Overclocker harus menambah Pendingin dalam komputernya, Penambahan pendingin biasanya bisa dalam bentuk pendingin aftermarket untuk menghilangkan panas atau Kipas CPU yang lebih kuat untuk meniup udara panas pergi. Tentu hal ini akan membutuhkan ruang yang besar dalam komputer, sehingga udara tidak tetap tinggal didalam.

Overclocker Biasanya Menggunakan Water Cooling System, Hardcore Overclocking mungkin membutuhkan water cooling system, yang tentu memiliki harga yang lebih mahal daripada Fan (kipas). Pendingin yang berbasis air akan dipompa berjalan, dimana radiator membuang udara panas keluar. Pendingin air jauh lebih efisien dibandingkan kipas.



Overclock BIOS, Dalam Overclock BIOS Dapat digunakan untuk meningkatkan clock rate CPU atau Voltage. Tingkatkan Sedikit demi sedikit dan booting ke PC, gunakan software benchmark untuk mengetahui stabilitasnya suatu sistem, contohnya seperti prime95. dalam prime95 anda dapat mengetahui penggunaan dan suhu komputer agar pengaturan pendinginan anda tepat. Dengan setting BIOS yang sedikit demi sedikit di overclock anda dapat mengetahui tingkat stabilitas dan ketidakstabilan komputer anda dan mengharuskan anda untuk setting BIOS ke tingkat stabil akan membuatnya efektif ketimbang mengaturnya dengan jumlah besar.
Apakah Overclock Dapat dilakukan, Overclock dapat dilakukan tergantung pada motherboard yang anda gunakan, kebanyakan Motherboard Intel CPU dipasarkan dengan Locked multiplier, sehingga mencegah orang-orang untuk melakukan pengubahan nilai dan overclocking. Tetapi Intel juga menyediakan Motherboard Intel yang khusus untuk Overcloking, yaitu Extreme Edition dengan CPU unlocked multiplier



sumber:www. wilkepedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar