Kamis, 23 April 2015

5 SOFTWARE PERUSAK KOMPUTER




Malware merupakan singkatan dari Malicious Software, adalah software yang digunakan atau diprogram untuk menyerang atau merusak sistemkomputer, mengumpulkan informasi sensitif seperti password, atau mendapatkan akses ke sistem komputer pribadi tanpa izin dari pemiliknya.Malware dapat berbentuk kode/skrip, konten aktif, atau software lain. Malware adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam software atau kode software yang bersifat perusak atau penggangu.
Worm
Worm dalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutanvulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru.
Virus komputer memang dapat menginfeksi berkas-berkas dalam sebuah sistem komputer, tapi worm dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Beberapa worm, juga dapat mencakup kode-kode virus yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan
hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi tidak berguna.
Kateristik
karakteristik yang terkait dengan jenis malware.
  • -Malware Self-replikasi aktif mencoba untuk menyebarkan dengan menciptakan salinan baru, atau contoh, dari dirinya sendiri. Malware juga dapat diperbanyak secara pasif, oleh pengguna yang sengaja menyalin, misalnya, tapi ini bukan termasuk replikasi diri.
  • -Pertumbuhan populasi malware menggambarkan perubahan keseluruhan dalam jumlah pada malware karena replikasi diri. Sedangkan malware yang tidak selfreplicate akan selalu memiliki pertumbuhan penduduk nol, tetapi malware dengan nol pertumbuhan penduduk dapat mereplikasi diri.
  • - parasit membutuhkan beberapa kode executable lain untuk bisa eksis. "Executable" dalam konteks ini harus dilakukan dengan sangat luas untuk mencakup apa yang dapat dieksekusi, seperti kode boot blok pada disk, kode biner dalam aplikasi, dan diinterpretasikan kode. Hal ini juga termasuk kode sumber, seperti aplikasi bahasa scripting, dan kode yang mungkin memerlukan kompilasi sebelum di eksekusi.
  • Jenis-jenis Malware :
         1)      Logic Bomb
         2)      Trojan Horse
         3)      Back Door
         4)      Virus
         5)      Worm
         6)      Rabbit
         7)      Spyware
         8)      Adware
         9)      Hybrids, Droppers, and Blended Threats
        10)   Zombies

 Virus Xfly

 PC Media Antivirus mengenali dua varian dari virus ini, yakni XFly.A dan XFly.B. Sama seperti kebanyakan virus lokal lainnya, ia dibuat menggunakan Visual Basic. Memiliki ukuran tubuh sebesar 143.360 bytes tanpa di-compress. Dan ia dapat menyamar sebagai folder, file MP3 WinAmp atau yang lainnya dengan cara mengubah secara langsung resource icon yang ada pada tubuhnya. Ini akan lebih memyukarkan user awam dalam mengenalinya. Pada komputer terinfeksi, saat menjalankan Internet Explorer, caption-nya akan berubah menjadi “..:: x-fly ::..”, dan saat memulai Windows pun akan muncul pesan dari si pembuat virus pada default browser. Atau setiap waktu menunjukan pukul 12:30, 16:00, atau 20:00, virus ini pun akan menampilkan layar hitam yang juga berisi pesan dari si pembuat virus.



 QuickTime 7
Video Player yang dibuat oleh Apple, QuickTime, memiliki sebuah masalah keamanan yang serius pada PC berbasis Windows. Sebenarnya campuran media player dan streaming client ini melakukan tugasnya dengan baik di bawah Windows. Selain itu, semakin banyak video yang di tawarkan dalam format QuickTime. Namun, fungsi streaming QuickTime justru membuat celah keamanan yang sangat besar dalam sistem Windows.
Berikut adalah contoh terbaru dari pemanfaatan celah keaman di QuickTime. Melalui RSTP (Rapid Spanning Tree Protocol, protokol jaringan yang ditemukan pada tahun 1998), seorang penyerang dapat menyusupkan kode jahat ke dalam komputer Anda melalui QuickTime dan menguasai fungsi komputer tersebut. Kini QuickTime telah digolongkan ke dalam sebuah risiko keamanan yang serius oleh para pakar keamanan. Menurut layanan keamanan Secunia (secunia.com), tahun 2007 lalu hampir 46 persen pengguna PC memiliki versi QuickTime yang tidak aman pada PC mereka. Menurut Bit9 (http://web.bit9.com) yang menangani keamanan software di perusahaan, QuickTime berada di posisi kedua dalam daftar aplikasi yang berbahaya, tidak jauh dari Yahoo! Messenger yang berada di posisi pertama.
Bila Anda berselancar di website video yang kurang terpercaya, gunakan QuickTime Alternatif. Player ini akan menginformasikan proses yang terjadi ketika Anda menjalankan video stream atau menyimpannya.


ZoneAlarm
Program Firewall tambahan pada PC memiliki citra yang tidak begitu baik. Terkadang, mereka tidak melindungi PC Anda dan terlalu membebani kerja sistem. Bahkan, sebuah tools Firewall bernama ZoneAlarm memiliki kelemahan lain yang patut diwaspadai oleh pengguna PC.
Masalah terjadi ketika seorang pengguna memasang ZoneAlarm dan koneksi Internetnya tidak dapat digunakan lagi. Selain itu, Windows XP milikinya menjadi sangat lambat dan program-programnya tidak berfungsi dengan benar. Ternyata masalah ini tersebar luas karena banyak forum mengeluhkan kejadian yang sama. Ternyata salah satu sebabnya adalah driver yang tidak diprogram dengan benar. Menurut layanan keamanan MotouSec (www.matousec.com), masalah tersebut berlaku untuk ZoneAlarm versi 7.0.362. Sebaiknya Anda menggunakan program Firewall bawaan Window karena fungsinya sudah cukup memadai.


Trust-no-exe
Sebenarnya fungsi utama dari tools keamanan PC Trust-no-exe sudah cukup baik. Tugas utamanya adalah memblokir setiap file .EXE yang berjalan tanpa konfirmasi hingga pengguna PC mengizinkannya. Bila diatur dengan tepat, tools ini bahkan dapat menyerupai fungsi User Account Control yang bisa ditemui dalam Windows Vista.
Namun, Trojan terbaru sering menipu tools keamanan dengan berkedok sebagai layanan Windows dan menimpa sebuah file .EXE yang sudah ada sebelumnya. Karena Trust-no-exe tidak dapat memeriksa nilai Hash file .EXE, kebanyakan malware yang bersembunyi dengan cara tersebut tidak berhasil ditemukannya.
Untuk pengamanan terhadap malware yang lebih baik di Windows XP, gunakan DropMyRights. Tool ini hanya memberikan hak-hak terbatas kepada browser Internet. Bila browser Internet memiliki sedikit hak, malware akan sulit sampai ke PC.

TweakRAM
Tools pembersih memori RAM merupakan salah satu tools tuning terlaris. Padahal kenyataannya, membersihkan RAM tidak selalu menghasilkan peningkatan performa. Justru sebaliknya, tools tersebut dapat memperlambat kerja sistem. Namun, produsen software selalu mengembangkan versi baru dari tools tersebut dan menjualnya dengan harga mahal. Misalnya, Tweak-RAM 6.2 dengan harga US$ 19.95!
Bukannya menyediakan lebih banyak kapasitas RAM untuk menjalankan aplikasi penting, tools ini justru menyingkirkan program yang aktif dari RAM dan “mengusirnya” ke dalam file swap. Akibatnya, banyak data yang kehilangan tujuannya dan seluruh sistem akan bekerja dengan lebih lambat.
Sebenarnya, Anda tidak membutuhkan tools tambahan, karena sistem Windows (terutama Windows Vista) dapat membersihkan RAM dengan baik.

GoneIn60s
Tentu Anda akan merasa kesal bila setelah mengubah setting yang rumit pada sebuah program, secara tidak sengaja Anda menutup program tersebut sebelum perubahan tersebut disimpan. Jika hal ini terjadi Anda tidak perlu khawatir. Tools bernama GoneIn60s dapat mengembalikan program, berikut perubahan terakhir yang Anda buat sebelum program tersebut ditutup. Namun, sebenarnya hal yang dilakukan tools ini bukanlah keajaiban melainkan sebuah trik yang membebani sistem.
GoneIn60s menunda penutupan program dengan lama penundaan selama hampir semenit. Sementara itu, program yang telah Anda tutup akan terus berjalan di latar belakang. Akibatnya, PC menjadi lambat dan program yang sedang Anda jalankan akan tersendat (pada kasus yang terparah dapat mengakibatkan PC crash).
Penyebab utamanya adalah program tidak aktif yang masih menduduki ruang memori tersebut akan membebani CPU tanpa guna selama hampir semenit. Bila Anda menutup program Photoshop, memori sebesar 500 MB RAM akan tersita selama semenit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar